Sabtu, 27 Juni 2009

Setting Modem Smart Jump di Ubuntu

Setting Internet dengan MODEM SMART JUMP di Ubuntu


Pada waktu pertama kali migrasi ke Ubuntu terbayang dalam pikiran saya bisa nggak ya pakai modem smartjump yang sudah saya beli di galeri smart seharga Rp. 699.000,- dipakai di Ubuntu.


Pertama yang saya lakukan adalah telepon ke operator smar di nomor 08811223344, dan saya dapatkan jawaban adalah bahwa modem smart jump belum kompetibel untuk dipakai di Ubuntu.


Tidak puas sampai di situ, saya coba mencari dan mencari di internet sampai saya dapat setingan internet di Ubuntu dengan modem tipe lain yaitu model USB D-Link 562M.


Setelah saya coba sesuai perintah-perintah yang ada dalam “petunjuk” yang saya dapat dengan memakai terminal Ubuntu, Alhamdullilah modem smart Jump saya terdetek akan tetapi saya tetap kesulitan untuk koneksi walaupun username dan password serta nomor telepon sudah saya ganti sesuai nomor di smart jump.


Tidak putus asa kemudian saya mencoba setting internet lewat network conection (gambar dua komputer di tampilan awal pojok kanan atas) dengan cara :

  1. Klik network conection, pilih VPN Conection

  2. Pilih Configure VPN

  3. Pilih tab Mobile Broadband

  4. Pilih CDMA connection ----Edit

  5. Centang ada pilihan System setting

  6. isi nomor telepon dengan #777

  7. isi user name dengan smart

  8. isi password dengan smart

  9. klik OK

  10. Kemudian akan muncul permintaan password ubuntu anda, isi disesuaikan klik OK

  11. Pilih close di network connection

  12. Dari gambar 2 komputer di system tray anda sudah dapat connect ke internet dengan meng klik gambar tersebut dan pilih CDMA connection

  13. Selamat berinternet di Ubuntu dengan SMART JUMP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar